Jumat, 11 Juli 2014

Hiburan Atau Candu

Siang tadi ketika sholat jum'at dimasjid kantor, kebetulan kok saya tidak tidur lho, soalnya biasanya saya memang datang 30menit sebelum sholat dimulai, alasannya sangat wagu, yaitu karena saya takut tidak kebagian tempat, apalagi dibulan ramadhan seperti ini, wah kalo ndak cepet ndak bakal dapat tempat hehe.. tapi tidak apa apalah, yang penting dateng gasik ke masjid apapun alasannya. Rutinitas biasanya saya sholat sunah dulu tahiyatul masjid, dilanjut sholat sunah qabliyah. sehabis itu saya khusuk duduk bersila dengan kepala tertunduk, saking khusuknya sering disenggol teman karena khutbah sudah selesai. Tapi hari ini entah mengapa saya tidak "khusuk" seperti biasanya. tapi bisa dengan jelas mendengarkan isi khutbah dari khotib jumat hari ini. dan temanya sangat menarik serta menyinggung banget pada keimanan dan kepatuhan kita tentang kewajiban kita kepada sang pencipta, yaitu ALLAH SWT.

summber : taiqoodwin.com
Isi khutbah ini sebenarnya kejadian nyata dimana kita ini sering menganggap segala sesuatu yang harusnya hanya kita jadikan sekedar hiburan saja, malah menjadikan kita kecanduan dengan hiburan tersebut. Hiburan pada dasarnya adalah kegitan sesaat yang jumlah waktunya lebih sedikit dari seluruh waktu yang kita gunakan setiap hari. Seadangkan yang disebut candu adalah sesuatu yang mengasikkan sehingga kita jadi ketagihan dan membuat lupa segalanya, padahal sesungguhnya kegiatan tersebut memakan banyak waktu kita dan hasilnya sia-sia. Sementara dari kita sering bersembunyi dibalik kata hiburan untuk membenarkan kelakuan kita. padahal apa yang kita lakukan yang tadinya cuma menghibur diri, tanpa sadar sebenarnya adalah candu.

Kalau namanya sudah kena candu maka sering kali kita melakukan sesuatu yang kita anggap wajar padahal sebenarnya hanya manfaat semu. Saya memisalkan saat ini ketika putaran piala dunia ditayangkan secara langsung dan kebetulan dini hari, banyak dari kita yang rela untuk bangun malam demi melihat siaran langsungnya, ini adalah hiburan atau candu? Padahal untuk bangun malam melakukan ibadah kita sangat berat, akan tetapi melihat tayangan sepak bola kita semangat sekali. Kalau hal ini disebut hiburan kok banyak yang jika ketinggalan menontonnya malah jadi setres ya. bahkan ada remaja yang gara gara pertandingan sepak bola sampai Bunuh diri. Kalau sudah seperti ini kan bukan hiburan lagi toh namanya? yang namanya hiburan seharusnya kan merefresh diri kita yang tadinya penat dengan kegiatan sehari hari menjadi segar kembali. Lha kalau saya ya mending tidur toh walau saya suka bola saya tidak akan melek sedemikian memaksakan diri, wong besoknya kerja kok. dan daripada  bunuh diri saat team kesayangan kalah lha mending nonton dangdut koplo penyanyinya mba Reza Lawang Sewu. asli seger dan refresh itu menurut saya.

Contoh lagi ketika seseorang kecanduan nonton tayangan sinetron atau main game online misalnya, awalnya game atau sinetron adalah hiburan sesaat dari kegiatan rutin yang sifatnya serius, tapi kenyataannya malah banyak waktu yang terbuang hanya untuk hiburan yang satu ini. sering sekali mereka yang kecanduan ini akan menjadi agresif. misalkan saja saat sedang maen game atau sinetron gas dirumah habis, orang tuanya menyuruh membeli gas, pasti akan menolak perintah orang tuanya untuk membelikan gas, padahak gas itu untuk memasak makanan buat mereka, lha dlogok to itu? akhirnya orang tuanya pergi sendiri membeli gas, lha ini orang tua babu opo pye? haha.. sing nulis rangoco.

Yang namanya hiburan kan seharusnya sewajarnya, tidak sampai mengalahkan sesuatu yang pokok. Biasanya orang orang yang sudah kena candu bisa dicirikan sebagai berikut, ini sesuai dengan analisis saya pribadi lho ya.. jangan dieyel, pokoknya manut saja, sukur anda setuju, dan kalau tidak setuju yo gak papa to, wong ini pendapat pribadi saya. cirinya sebagai berikut:
Gampang marah,
Orang sudah terkena candu biasanya sulit sekali mengontrol emosinya, dia akan cepat naik darah, naik pitam, terbakar dadanya, jika kesenangannya itu hilang, walau sesaaat. contoh nih.. orang yang maniak sinetron kehilangan satu seri sinetron itu artinya sama saja dengan sembelit, apalagi hilangnya satu seri itu kita penyebabnya, misal disuruh ngapain pas tayangan sinetronnya main. pasti sipecandu sinetron ini akan mecucu, menggerutu dan terus mengungkit masalah ini pada kita.lha ini masalah sepele to, satu seri kan bukan intinya cerita, tapi seakan dunia telah kiamat.
Semi Autis,
Seseorang yang sudah kecanduan gadged biasanya kepekaan terhadap lingkungan sekitar akan berkurang, contoh nih.. saat di halte atau setasiun biasanya kita melihat orang asik saja bermain gadget tanpa memedulikan lingkungan. pun ketika sudah di dalam kereta, mereka akan cuek saja ambil tempat duduk khusus untuk difabilitas, wanita, dan perempuan hamil, parahnya lagi pura pura tidur, dlogok ora kui?
pokoknya mereka tingkat egoisnya tinggi sekali lah, sampai ngalahin tingginya menara eifel.
Rela melakukan apa saja,
Pengorbanan yang diberikan seseorang yang sudah kecanduan bisa diluar akal, contoh paling simple, orang akan rela bangun malam untuk melihat tayangan bola, daripada bangun malam untuk belajar ketika ujian, iya kan? apalagi bangun malam untuk sholat malam.. Beraaaatttt Bossss....
Menggampangkan masalah,
Untuk urusan urusan diluar kesenangannya pecandu selalu menggampangkan urusan tersebut, bisa itu soal pekerjaan, urusan sekolah, sosial, dan keluarga. mereka lebih mementingkan kesenangannya, semua urusan akan mudah jika menyangkut kesenangannya, tetapi akan sulit jika bertentangan dengan kesenangannya.

Marilah kita berfikir, merenung sedikitlah tentang segala sesutau yang telah kita lakukan, jangan sampai kita ini menjadi orang yang diperbudak hiburan, kecanduan boleh saja, tapi kecanduan untuk berbuat baik. Misalnya, kecanduan menabung, belajar Agama, beribadah, menolong orang, dan hal positif lainnya. Untuk hal yang bermanfaat bagi masyarakat, lingkungan, keluarga, agama, kita boleh kecanduan, jadikan hiburan sebagai hiburan saja, jangan sampai hidup kita habis hanya untuk hiburan yang tiada arti. Marilah kita sekarang perpikir Hidup hanya sekali pergunakanlah untuk hal yang bermanfaat.

Semoga menginspirasi sedikit, soalnya saya tadi pas dengerin khutbah ini sedikit tersindir, banyak hal sia-sia yang telah saya lakukan untuk menghabiskan waktu hidup saya..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar